Forum Group Discussion (FGD) Bidang Peningkatan Penjaminan Keamanan dan Mutu Pangan

WNPG XI on 12:43

Sebagai persiapan Penyelenggaraan Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi X, Bidang 3 kembali melaksanakan Focus Group Discussion pada tanggal 5 April 2018, Bappeda Klaten (Jawa Tengah) dan Desa Pandes, Kec. Wedi, Kab. Klaten. FGD mengundang narasumber sebagai berikut:
1. Prof. Purwiyatno Hariyadi (Perumus Bidang 3 WNPG XI)
2. dr. Sri Sundari (DinKes Kab. Klaten)
3. Iwan Kurniawan, S.P., M.Sc. (Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Klaten)
4. Prof. Endang Sutriswati Rahayu (UGM)
5. Prof. Nuri Andarwulan (IPB)
Selain itu juga dihadiri para akademisi dan praktisi terkait keamanan dan mutu pangan dari kementerian dan lembaga pemangku kepentingan yang bergabung di Bidang 3 WNPG XI.

FGD dilanjutkan dengan kunjungan ke Desa Pandes, Kec. Wedi, Kab. Klaten yang merupakan desa percontohan karena keberhasilannya menurunkan angka stunting. Kunjungan ini diawali dengan presentasi mengenai profil Desa Pandes dan kegiatan-kegiatannya dalam rangka mengatasi stunting yang dipresentasikan oleh Pak Kepala Desa Pandes (Bapak Heru Purnomo, S.T.P.) dan Bu Bidan Sri Budiati.

Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan mengenai keberhasilan Desa Pandes dijawab tidak hanya oleh Bapak Kades dan Bu Bidan namun juga oleh Ibu Ketua PKK dan para kader kesehatan. Forum ini juga dimanfaatkan oleh Bu Bidan untuk menanyakan masalah penanganan makanan untuk bayi kepada ibu Mauizzati Purba dari BPOM.